Sabtu, 15 April 2017

Motovlog, pengertian dan alat apa saja yang disiapkan

Motovlog, pengertian dan alat apa saja yang disiapkan


Motovlog sekarang lagi ngetrend nih sob di Indonesia, Motovlogger Indonesia sudah mulai berdatangan dari seluruh penjuru dunia.. memang sekarang yang namanya YouTube lagi digandrungi oleh semua kalangan, tak terkecuali pada pecinta Motor.. Nah kali ini saya akan membahas mengenai Motovlog, saya belumlah menjadi Motovlogger Indonesia namun setidaknya kepingin sih dan mungkin besok akan memulai.
Motovlog
Motovlogger Amerika (gambar: thumnail YouTube)

Pengertian Motovlog

Motovlog itu gabungan dari dua istilah sob, yakni Moto yang berarti Motor (Sepeda Motor) dan juga Vlog yang berarti Video Blog atau banyak juga yang bilang Video Log, apapun itu yang pasti yang namanya Motovlog itu yang pada dasarnya seperti ini;
  • Moto : Pecinta Motor, pengguna Motor, biker
  • Vlog: Kegiatan untuk mendokumentasikan kegiatan sehari-hari, direkam dalam sebuah Video
Pada kesimpulanya Motovlog adalah Pengguna motor, pecinta motor atau biker yang mendokumentasikan kegiatan sehari-harinya atau kegiatan tertentu dengan direkam dan didokumentasikan dalam sebuah video, dukumentasi para Motovlogger biasanya saat mereka melakukan perjalanan menggunakan motornya, pergi kemana kek, pas ada event apa kek, lalu direkam dan dishare.. medianya biasanya melalui YouTube.
Kalau mereke menshare Video ke YouTube, maka dalam artian mereka otomatis menjadi seorang YouTuber, YouTuber disini bukan berartian hanya sebagai pengguna YouTube atau lagi YouTube-an saja namun menjadi Creator YouTube, orang-orang yang mengunggah hasil karya ke YouTube, aku yakin temen-temen tau lah..
Nah sob.. kalau ingin menjadi seorang Motovlogger atau seorang YouTuber maka tentu ada yang perlu dipersiapkan… untuk kamu yang ingin memulai menjadi seorang Motovlogger yang musti kalian siapkan adalah berikut ini;

Alat apa saja yang disiapkan untuk Motovlogging?

1. Motor

Ya iayalah.. semua juga tau kalau Motovlogger itu harus memiliki motor untuk kegiatanya tersebut, motor para vlogger beragam sob, kebanyakan mereka meggunakan motor sport jenisnya biasanya motor berfairing (Full Fairing) atau Bigbike tetapi ada juga yang pakai Nakedbike, Skutik atau Moped atau Bebekpun juga ada.. tidak ada larangan dan anjuran tersendiri mengenai motor yang akan dipilih untuk kegiatan Motovlogging, yang penting itu motor bukan sepeda, nanti kalau sepeda jadinya malah Cyclevlog.

2. Kamera Aksi

Action Camera atau Kamera aksi merupakan komponen yang harus disiapkan selain Motor sob, tanpa kamera aksi ini kita tidak akan bisa mendokumentasikan kegiatan Motovlogging kita, kamera aksi sih model/brandnya ada banyak, yang populer digunakan oleh Motovlogger Indonesia biasanya adalah merk Go Pro dan Xiaomi, kamera aksi memiliki angle yang paling bagus didepan mulut kalau menurut saya, karena pemirsa kita nanti akan melihat hampir sejajar dengan apa yang kita lihat .

3. Helm

Helm merupakan safety gear yang paling harus digunakan dalam mengendarai motor, namun dalam dunia Motovlogging, helm bukan hanya sekedar sebagai pelindung kepala sob, namun juga sebagai tempat untuk mounting sebuah Kamera Aksi (Action Camera), untuk memudahkan mounting di berbagai sisi (banyak pilihan angle) biasanya teman-teman akan memilih jenis Full Face.

4. Perangkat pendukung lainya

Untuk Vlogging kita juga membutuhkan perangkat pendukung yang sifatnya sih Opsional, jadi tidak dipakai tidak masalah kalau dipakai akan lebih baik lagi, beberapa perangkat pendukung adalah;
  • Safety gear lain, seperti sarung tangan, sepatu, jaket supaya lebih aman
  • Mounting Action Camera, untuk menempelkan Kamera aksi ke Helm
  • Handphone/Smartphone, untuk melihat apakah Kamera aksi berjalan dengan benar (untuk Kamera aksi yang tidak memiliki panel)

5. Komputer + Software Videografi

Seorang biker kalau mau menjadi Motovlogger juga harus menggunakan komputer lengkap yang juga memiliki software Editing Video atau Videografi, untuk specs Komputer juga harus mumpuni sob, karena software Videografi yang biasanya digunakan untuk merender hasil video dari action kamera itu berat-berat, beberapa contoh software videografi.
  1. Adobe Premier Pro
  2. Adobe After Effect
  3. Camtasia Studio
  4. Sony Vegas
  5. dll masih banyak lagi sob.

6. Koneksi Internet

Terakhir tinggal-lah koneksi internet untuk mengunggah video kita ke YouTube atau media apapun, yang penting berhasil di dokumentasikan sob.
Kurang lebih itu dia sob peralatan yang harus kita siapkan apabila hendak melakukan Motovlogging. Teman-teman yang tertarik bisa langsung siap-siap eksekusi perlengkapan diatas. Semoga bermanfaat sob!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar